Hotline 021-726-2000
Informasi lebih lanjut?
  • Paket Umrah 12 Hari
    Umroh Syaban 1 November 2024 | Mulai dari Rp. 32 jt - by Etihad
    Paket Umrah 9 Hari
    Umroh Akhir tahun 28 Desember 2024 | Mulai dari Rp. 29,5 jt - by Lion Air
Home » News » Kemenag Minta Jemaah Umrah Ikuti Edaran Wajib Vaksin Meningtis

Jakarta -Hilman Latief

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Hilman Latief mengatakan vaksin meningitis wajib dilakukan oleh jemaah yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Menurut Kemenag hal itu sesuai dengan edaran yang disampaikan oleh Kemenkes RI.

“Nah untuk vaksin meningitis, nanti kita sampaikan ya, sudah ada edaran dari Kemenkes bahwa ini jemaah umrah diharuskan menggunakan vaksin meningitis,” kata Hilman di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2024).

Adapun kebijakan tersebut tertuang dalam SE Nomor HK.02.02/A/3717/2024 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis bagi Jemaah Haji dan Umrah. Kewajiban ini disebut berlaku atas permintaan negara tujuan, yakni Arab Saudi.

Edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, ini menyatakan kebijakan diambil berdasarkan nota diplomatik Kedutaan Kerajaan Arab Saudi tertanggal 20 Mei 2024 melalui Kementerian Luar Negeri nomor 211-4239.

Pihak Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah memperbarui ketentuan kesehatan pada jamaah melalui Umrah Health Requirements and Recommendations for Travelers to Saudi Arabia for Umrah-1445H (2024). Aturan ini dapat diakses melalui https://www.moh.gov.sa/en/HealthAwareness/Pilgrims_Health/Pages/default.aspx.

Jemaah yang hendak melakukan vaksin meningitis untuk perlindungan kesehatan, diarahkan untuk melakukan vaksinasi di UPT Bidang Kekarantinaan Kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan layanan vaksinasi internasional.

 

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

menjaga kesehatan saat menjalankan umroh

Tips Menjaga Kesehatan saat Umroh & Haji

18 September 2024 12x Tips

Menjaga kesehatan saat umroh dan haji sangat penting agar ibadah dapat berjalan lancar dan khusyuk. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan: Sebelum Berangkat: Konsultasi Dokter: Periksa kesehatan secara menyeluruh, terutama jika memiliki penyakit kronis. Vaksinasi: Ikuti anjuran vaksinasi yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan. Jaga Kebugaran: Laku... selengkapnya

lokasi ziarang di sekitar mekah & madinah

Mengenal Lebih Dekat Lokasi Ziarah di Sekitar Makkah & Madinah ​

18 September 2024 20x Tips

Mari kita jelajahi lebih dalam mengenai lokasi-lokasi ziarah yang penuh sejarah dan keberkahan di sekitar Makkah dan Madinah. Perjalanan spiritual Anda akan semakin bermakna dengan mengenal lebih dekat tempat-tempat ini. Makkah Sebagai kota suci bagi umat Islam, Makkah memiliki banyak tempat bersejarah yang sangat berarti. Beberapa di antaranya adalah: Masji... selengkapnya

tempat wisata religi

10 Tempat Wisata Religi yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Umrah

9 January 2024 35x News

1. Masjid Jawatha Meskipun tidak semegah masjid-masjid terkenal di Tanah Suci, Masjid Jawatha merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Arab Saudi serta menjadi masjid tertua yang ada di Tanah Suci. Walaupun struktur aslinya telah hilang, namun Masjid Jawatha masih berdiri kokoh sebagai tempat beribadah umat muslim. Arsitekturnya yang khas juga menj... selengkapnya

Main Office :

Jl. Radio Dalam Raya No. 7B
Kebayoran Baru – Jakarta Selatan
Jakarta 12140 – Indonesia
Phone : +6221 726 2000
Mail : info@jendelabaitullah.com Jendelatours

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.